6 Resep Nugget Tahu Opsi, Yang Yummy Dan Istimewa

6 Rеѕер Nuggеt Tаhu Pіlіhаn, Yаng Lеzаt Dаn Sреѕіаl 

Nugget merupakan kreasi sajian masakan yang sungguh mudah, alasannya mampu disimpan di lemari pendingin serta tinggal digoreng kapan saja saat ingin dihidangkan. Jadi sangat sesuai untuk dicoba sendiri dirumah. Nugget bisa dibuat dari aneka macam materi makanan, dan kali ini saya akan membicarakan bagaimana cara menciptakan aneka nugget tahu.

Nugget tahu yaitu kuliner yang sudah cukup diminati, selain pembuatannya yang terbilang gampang, rasanya pun juga tidak kalah yummy dari nugget – nugget lainnya.

Nugget tahu ini juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh kita, alasannya adalah materi dasar dari tahu itu sendiri berasal dari kacang kedelai yang tinggi kandungan proteinnya.

Tahu selain rasanya yang enak, harganya juga sungguh terjangkau, dan mudah sekali dicari. Makara sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan ringan dirumah, selaku sahabat ngumpul bareng keluarga, atau  aksesori duduk – duduk santai bareng teman.

Karena proses mengolah masakan nugget tahu yang cukup gampang, anda mampu menjajal berkreasi sambil mengajak si buah hati, sekalian sambil mengajari mereka cara mengolah makanan dan juga biar relasi antara ibu dan anak makin bersahabat. Atau juga bisa untuk mengisi waktu saat weekend.

Kenapa harus dijadikan nugget? Pertanyaan yang anggun, rasanya kita sudah terlalu sering ya melihat tahu yang digoreng di warung – warung makan atau lazimnya di pedagang gorengan pinggir jalan. Bosan niscaya kalau sering dilihat dan dipikiran kita niscaya ah rasanya paling ya gitu – gitu aja. Oleh sebab itu akan lebih menarik kalau disiasati dengan dijadiakan sebagai nugget tahu.

Nah kali ini saya akan membicarakan tentang macam – macam nugget tahu, biar ga bosen sama rasa tahu, kita bisa mencampurkan aneka sayuran, mie instan, bisa juga daging ataupun jamur.

Selain untuk menambah cita rasa agar semakin enak, menyertakan  aneka sayuran, daging, dan jamur juga mampu menambah nilai gizi dari nugget ini. Sangat mempesona bukan, sudah rasanya enak, gizinya pun juga baik untuk tubuh. Sudah niscaya cocok sekali untuk camilan sikecil dirumah.


1. Rеѕер Nuggеt Tаhu Wоrtеl

Untuk yang pertama saya ingin membagikan resep nugget tahu wortel. Wortel ialah sayuran yang kandungan vitamin A nya cukup tinggi, dan baik kalau dimakan. Akan namun untuk anak – anak biasanya sungguh sulit untuk makan sayur, maka dari itu resep ini mampu dicoba, rasanya yang enak dan kandungan gizi yang baik untuk tubuh tidak akan membuat para orang bau tanah khawatir jika anak – anak mengkonsumsinya. Baiklah langsung saja simak materi dan cara pembuatan nugget tahu wortel berikut.

Bahan :
10 buah tahu ukuran 4x4 cm
100 gram wortel
100 gram lobak
1 buah bawang bombay
1 batang daun bawang
5 siung bawang putih
3 butir telur
60 gram tepung terigu
1 sendok teh garam
½ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh kaldu bubuk atau penyedap rasa
Minyak goreng
Tepung panir atau tepung roti bergairah
3 butir putih telur


Cara menciptakan :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu atau sesuai alat yang ada.
2. Serut wortel sampai halus.
3. Kupas lobak, serut halus, lalu basuh hingga higienis. Setelah iru rebus sebentar kemudian peras.
4. Potong bawang bombay berbentuk dadu kecil.
5. Iris kecil – kecil daun bawang.
6. Cincang bawang putih.
7. Kocok telur hingga tercampur rata, tambahkan garam, merica dan penyedap rasa atau kaldu debu.
8. Setelah itu masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi, masukkan juga tepung terigu, aduk – aduk hingga semua tercampur rata.
9. Kemudian masukkan lagi wortel, lobak, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan telur. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.
10. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan plastik. Tuang gabungan tahu tadi kedalam loyang, kemudian ratakan kepingan atasnya ( Jika anda tak ingin menggunakan loyang, bisa disiasati dengan cuma memakai plastik, jadi nanti nuggetnya akan berbentuk lingkaran pipih atau lonjong ) .
11. Kukus campuran memakai api sedang selama kurang lebih tiga puluh ( 30 ) menit atau hingga campuran matang. Setelah itu angkat dan biarkan sebentar hingga masbodoh.
12. Keluarkan campuran yang sudah cuek tadi dari loyang, kemudian potong – potong berbentuk kotak atau mampu dibuat sesuai selera.
13. Celupkan potongan adonan tadi kedalam putih telur hingga semua belahan basah. Setelah itu angkat dan masukkan ke wadah yang berisi tepung panir atau tepung roti agresif, guling – gulingkan hingga semua bagian tertutupi tepung. Lakukan hingga adonan habis. Adonan telah siap untuk digoreng, akan namun kalau ingin dijadikan persediaan juga mampu pribadi dimasukkan ke lemari pendingin atau freezer.
14. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, kemudian goreng nugget menggunakan api sedang, goreng hingga matang atau hingga warnanya sudah berkembang menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
15. Siapkan piring saji, dan nugget tahu sayur siap untuk dihidangkan.

Selanjutnya ada nugget tahu brokoli yang juga tidak kalah bergizi dari nugget tahu wortel tadi. Brokoli mengandung beberapa zat gizi seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral mirip kalsium dan zat besi, serta kandungan serat dan antioksidan yang sungguh manis untuk kesehatan. Dan kali ini kita bisa memakan brokoli dalam bentuk nugget. Langsung saja simak materi dan cara pembuatannya.

2. Rеѕер Nuggеt Tаhu Brоkоlі

Bahan :
10 biji tahu putih kecil
2 butir telur ayam
100 gram brokoli
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 sendok teh merica butir, garam, gula pasir, dan penyedap rasa
1 butir telur
100 gram tepung roti berangasan atau tepung panir

Cara menciptakan :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
2. Kocok telur hingga tercampur rata.
3. Blender brokoli bersama bawang putih, bawang merah, dan merica butir.
4. Siapkan wadah, masukkan tahu yang sudah dihancurkan tadi bersama brokoli dan bumbu – bumbu yang sudah di blender, campur sampai rata.
5. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga tercampur rata.
6. Olesi cetakan atau loyang dengan minyak terlebih dahulu, agar adonan tidak lengket pada loyang.
7. Kemudian tuang adonan ke loyang, sehabis itu ratakan kepingan atasnya.
8. Siapkan kukusan, kemudian kukus adonan hingga matang atau kurang lebih tiga puluh ( 30 ) menit. Kemudian angkat dan biarkan sebentar hingga adonan cuek.
9. Setelah campuran sudah cuek, potong – potong berupa kotak atau sesuai selera.
10. Kemudian celupkan gabungan yang telah diiris kedalam kocokan telur ( selain telur, mampu juga menggunakan tepung terigu yang dicampur sedikit penyedap rasa dan ditambahkan air ).
11. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti agresif atau tepung panir. Lakukan hingga adonan habis (mampu langsung digoreng atau disimpan dalam lemari pendingin untuk persediaan)
12. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng memakai api kecil hingga warnanya kuning kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.
13. Siapkan piring saji, dan nugget tahu brokoli siap untuk disuguhkan.

Mudah sekali bukan caranya? Dan tentu saja akan sungguh disukai oleh keluarga.
Dan yang ketiga ini ada nugget tahu bayam, bayam juga sangat anggun untuk kesehatan, apalagi jikalau keluarga kita bahagia mengkonsumsinya. Ya salah satu cara biar bayam disukai yaitu dengan dibuat nugget ini, baiklah pribadi saja saja bagikan resep cara pembuatannya.

3. Rеѕер Nuggеt Tаhu Bауаm

Bahan :
7 buah tahu putih
4 butir telur ( untuk dicampurkan ke gabungan )
1/4 ikat bayam segar
5 sendok makan tepung terigu
2 sendok teh susu abu larutkan dengan sedikit air
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica debu
5 sendok teh bawang putih halus
minyak goreng
2 buah putih telur ( untuk celupan )
Tepung roti bergairah atau tepung panir seperlunya

Cara menciptakan :
1. Kukus tahu, kemudian hancurkan menggunakan garpu.
2. Potong kasar bayam segar.
3. Siapkan wadah, kocok telur sampai rata, masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi, tambahkan garam, merica abu, bawang putih halus, gula pasir, laruta susu,  dan tepung terigu.
4. Kemudian masukkan bayam dan aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Biarkan sebentar agar bumbu – bumbu meresap tepat.
5. Setelah itu siapkan loyang yang telah diolesi minyak sebelumnya agar adonan tidak lengket kemudian masukkan gabungan kedalam loyang, ratakan bagian atasnya.
6. Siapkan kukusan, dan kukus adonan hingga matang atau selama kurang lebih dua puluh ( 20 ) menit. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar hingga masbodoh.
7. Setelah hambar, potong – potong adonan berbentuk kotak atau sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam kocokan telur hingga semua kepingan lembap, sehabis itu angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti garang atau tepung panir, guling – gulingkan hingga semua bagian tertutup tepung, kerjakan sampai campuran habis ( mampu langsung digoreng atau disimpan dahulu di lemari pendingin untuk persediaan).
8. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget hingga matang atau hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
9. Siapkan piring saji, dan nugget tahu bayam siap untuk disajikan.

Untuk  berikutnya ada juga nih nugget tahu jamur, si putih satu ini juga sangat baik disantap apalagi bila diaduk dengan tahu yang tinggi kandungan proteinnya. Berikut saya akan membagikan materi dan cara membuat nugget tahu jamur.

4. Rеѕер Nuggеt Tаhu Jаmur

Bahan :
1 buah tahu putih besar
100 gram jamur tiram
1 butir telur (kuningnya untuk bahan pencelup, putihnya untuk adonan)
1 sendok makan tepung kanji
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar debu
1/2 sendok teh pala abu
4 sendok makan tepung terigu
2 sendok makan air
tepung roti agresif atau tepung panir seperlunya
garam dan bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng

Cara menciptakan :
1. Hancurkan tahu memakai garpu.
2. Cuci jamur hingga higienis, kemudian suwir – suwir, lalu rendam dengan air panas selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu tiriskan dan peras.
3. Haluskan bawang putih.
4. Kocok putih telur, masukkan tahu yang telah dihancurkan tadi bersama dengan jamur yang sudah di suwir – suwir, tepung terigu, tepung kanji, bawang putih halus, ketumbar abu, pala bubuk, garam dan bumbu penyedap secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
5. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng agar campuran tidak lengket. Kemudian tuang adonan ke loyang dan ratakan potongan atasnya.
6. Siapkan kukusan, kemudian kukus gabungan hingga matang atau kurang lebih selama dua puluh lima ( 25 ) menit (Jika selama proses pengukusan keluar air, maka buang airnya memakai sendok atau gunakan tissu untuk menyerap airnya). Setelah itu angkat dan biarkan sebentar hingga gabungan sedikit dingin.
7. Jika sudah masbodoh, potong – potong adonan berbentuk kotak atau sesuai selera.
8. Siapkan wadah untuk materi pencelup yakni kuning telur dikocok dan disertakan tepung terigu, garam, dan air. Aduk hingga seluruhnya tercampur rata.
9. Celupkan potongan nugget hingga semua bagiannya lembap, kemudian angkat dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti berangasan atau tepung panir, guling – gulingkan hingga semua bagiannya tertutupi tepung ( nugget sudah siap digoreng atau juga bisa disimpan dahulu di lemari pendingin untuk persediaan).
10. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, lalu goreng nugget memakai api sedang, tunggu hingga matang atau sampai warnanya bermetamorfosis kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
11. Siapkan piring saji, dan nugget tahu jamur sudah siap untuk dihidangkan.

Yang ke lima ini ada nugget tahu ayam, soal rasa niscaya sudah tidak diragukan lagi tentu saja. Rasa gurih dari tahu bercampur dengan rasa enak dari ayam dengan extra bumbu – bumbu opsi yang mau semakin memperkuat rasanya. Tidak usah berlama – lama eksklusif saja simak resepnya berikut.

5. Rеѕер Nuggеt Tаhu Aуаm 

Bahan :
25 buah tahu putih
250 gram daging ayam
5 butir telur
5 siung bawang putih
1 sendok teh merica
Garam dan penyedap rasa seperlunya
Daun bawang sesuai selera
500 gram tepung roti berangasan atau tepung panir
Minyak goreng

Cara menciptakan :
1. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
2. Cincang atau blender daging ayam sampai halus.
3. Haluskan bawang putih dan merica.
4. Iris tipis daun bawang.
5. Kocok 3 butir telur hingga rata, masukkan tahu yang sudah dihancurkan, daging ayam yang sudah halus, bawang putih, dan merica. Aduk hingga semua materi tercampur. Kemudian masukkan irisan daun bawang,  garam dan penyedap rasa seperlunya. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.
6. Siapkan loyang, olesi dengan minyak supaya gabungan tidak lengket.
7. Tuang adonan nugget ke loyang, ratakan potongan atasnya.
8. Siapkan kukusan, kemudian kukus adonan hingga matang atau selama kurang lebih dua puluh lima ( 25 ) menit.  Setelah itu angkat dan biarkan sebentar sampai dingin.
9. Jika sudah cuek, adonan siap untuk di potong, mampu diiris berbentuk kotak – kotak kecil atau sesuai selera.
10. Siapkan mangkok, kocok 2 butir telur hingga rata, tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa, kemudian masukkan gabungan yang sudah dipotong tadi kedalam kocokan telur, masukkan hingga semua pecahan nugget berair oleh telur. Setelah itu angkat gabungan dari telur dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung roti garang atau tepung panir. Guling – gilingkan gabungan hingga semua bagiannya tertutup tepung. Lakukan sampai semua potongan adonan habis ( bisa eksklusif digoreng atau disimpan dahulu dalam lemari pendingin untuk persediaan ).
11. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget sampai matang atau hingga warnanya kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
12. Siapkan piring saji, dan nugget tahu ayam siap untuk dihidangkan.

Yang terakhir ini ada nugget tahu mie, ternyata mie instan juga mampu dijadikan olahan nugget lo, niscaya rasanya juga enak. Berikut saya bagikan materi dan cara membuat nugget tahu mie.

6. Rеѕер Nuggеt Tаhu Mіе

Bahan :
1 bungkus mie instan
4 buah tahu1 butir telur
2 batang daun bawang
2 siung bawang putih
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Merica bubuk
1/2 sdt baking soda
Tepung teriguTepung roti berangasan atau tepung panir
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Rebus mie hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.
2. Hancurkan tahu menggunakan garpu.
3. Haluskan bawang putih.
4. Iris halus daun bawang.
5. Kocok telur hingga rata, masukkan tahu yang sudah dihancurkan, mie instan rebus,  bawang putih, tepung terigu, aduk hingga semua  tercampur, kemudian tambahkan  bawang putih, irisan daun bawang, merica bubuk, baking soda, sedikit garam dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga semua materi dan bumbu tercampur rata.
6. Siapkan loyang, oleskan minyak supaya adonan tidak lengket.
7. Tuangkan adonan ke loyang, ratakan bagian atasnya.
8. Siapkan kukusan, kukus adonan sampai matang atau selama kurang lebih dua puluh ( 20 ) menit. Kemudian  angkat dan biarkan sebentar hingga masbodoh.
9. Jika campuran sudah cuek, potong – potong campuran berbentuk kotak atau sesuai selera.
10. Kocok telur sampai rata tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa, masukkan potongan adonan kedalam kocokan telur hingga semua penggalan campuran berair, sesudah itu angkat dan masukkan campuran kedalam wadah yang berisi tepung roti kasar atau tepung panir. Lakukan hingga semua adonan habis ( mampu pribadi digoreng atau disimpan dahulu dalam lemari pendingin untuk persediaan).
11. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng nugget hingga matang atau hingga warnanya kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
12. Siapkan piring saji, dan nugget tahu mie siap untuk disuguhkan.

Bagaimana resep – resep yang saya bagikan tadi, mudah sekali kan? Sangat cocok untuk para pemula yang ingin coba – coba bikin makanan enak, sehat, dan tentu saja mudah dibuatnya. Semoga postingan saya kali ini berfaedah untuk anda, dan selamat mencobanya.

Jangan lupa untuk membagikan 6 Resep Nugget Tahu Pilihan, Yang Lezat Dan Spesial kepada teman, kerabat serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar hidangan kuliner apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Posting Komentar

© Nao Cabe Mais. All rights reserved. Premium By Raushan Design