Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Simple Serta Tips And Trik Diam-Diam Menciptakan Cireng Ala Kakak – Abang Gorengan

9 CARA SIMPLE SERTA TIPS AND TRIK RAHASIA MEMBUAT CIRENG ALA ABANG – ABANG GORENGAN


Cireng merupakan salah satu masakan terkenal khas masyarakat Sunda yang sudah sungguh terkenal di nusantara. Tidak cuma selaku menu cemilan rumahan yang enak dan lezat, kue cireng untuk jualan mirip yang dijual abang-abang gorengan dari yang biasa hingga bertekstur renyah crispy anti gagal dapat kita buat sendiri dirumah dengan cara yang sungguh gampang lho.

Meskipun bahan adonan dasar cireng asli yang dibuat dari tepung aci, tetapi resep cireng kali ini memiliki aneka macam variasi. Cara mengolah adonan lah yang membuat cireng (aci goreng) sederhana menjadi berlawanan pula, baik tekstur maupun bentuk tampilannya.

Ada beberapa resep cireng yang akan saya bagikan untuk anda, dan akan saya jelaskan prose- proses pembuatannya yang sungguh gampang. Sudah tidak sabar kan pengen tau apa saja yang mesti dipersiapkan jikalau ingin menciptakan cireng. Yuk eksklusif saja intip rese- resep berikut ini.

1. Rеѕер Cіrеng Crіѕру

Variasi pertama kali ini adalah cara membuat cireng renyah, yang sedang terkenal dijual abang-kakak gorengan dan lagi ngetrend sebagai cireng crispy. Berikut saya bagikan resep dan cara bikinnya, simak baik – baik yaaa..

Bahan untuk menciptakan cireng crispy :
150 gram tepung aci ( bisa menggunakan tepung tapioka/ tepung kanji)
¼ sendok teh merica
½ sendok teh bawang putih, dihaluskan
½ sendok teh kaldu ayam
1 batang daun bawang ( iris – iris )
garam secukupnya
Untuk biangnya :
50 gram tepung aci
150 ml air

Cara Membuat Cireng Renyah Crispy :
1. Campurkan tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk, campur hingga seluruhnya rata ya. Lalu sisihkan dahulu.
2. Selanjutnya campur juga materi biang, kemudian masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan adonan mengental mirip lem, lalu matikan api.
3. Kemudian masukkan adonan tepung pertama ke dalam adonan biang dengan cara bertahap sambil diaduk - aduk dengan tangan hingga rata ( adonan jangan hingga kalis tetapi cukup diaduk dengan cara dicubit-cubit saja atau seperti dipijit-pijit pakai jari-jari tangan ).
4. Selanjutnya adonan dibentuk menjadi bundar-bundar pipih jangan terlalu tipis, kemudian taburkan tepung aci di telapak tangan supaya adonan tidak lengket di tangan dan tidak melekat satu sama lainnya. Lakukan sampai adonan habis ya.
5. Kemudian panaskan minyak, goreng adonan menggunakan api sedang sampai matang merata ( jangan gunakan api terlalu besar semoga tidak menggelembung ). Kemudian angkat dan tiriskan.
6. Siapkan piring saji dan cireng crispy siap untuk disuguhkan.


2. Rеѕер Cіrеng Emрuk Antі Alоt Dаn Kеnуаlnуа Pаѕ

Membuat cireng yang tidak alot dan kenyalnya pas itu gampang kok, tepung yang dipakai juga hanya memakai tepung aci saja, tidak menggunakan adonan terigu. Namun ada trik khusus untuk membuatnya biar tidak gagal, yakni buatlah adonan biang serta gunakan minyak yang tidak terlampau panas agar matangnya merata dan empuk mengembang, untuk lebih jelasnya  simak resep dan proses pembuatannya berikut ini ya.

Bahan dasar :
300 gram tepung aci ( tepung tapioka )
1 batang daun bawang ( iris tipis )
tepung aci ( yang digunakan untuk taburan agar tidak lengket )
minyak goreng
Bahan biang :
100 gram tepung aci
400 ml air
1 sdm ketumbar ( haluskan )
4 siung bawang putih ( haluskan )
garam dan penyedap rasa secukupnya
½ sendok teh merica
1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat cireng bandung :
1. Siapkan panci, masukkan 100 gram tepung aci kemudian aduk dengan 400 ml air kemudian masukkan ketumbar, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, merica dan 1 sendok makan minyak goreng, aduk – aduk hingga rata. Masak memakai api kecil sambil terus diaduk sampai adonan mengental dan warnanya menjelma bening, sehabis itu matikan apinya.
2. Selanjutnya masukkan irisan daun bawang kemudian aduk dan uleni adonan menggunakan sendok kayu sambil masukkan 300 gram tepung aci bertahap hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibuat. Jika adonan sudah tidak terlalu panas uleni dengan tangan supaya adonan rata tepat.
3. Kemudian bentuk adonan menjadi bundar-bundar pipih lalu taburi dengan sedikit tepung aci semoga tidak lengket ditangan. Setelah itu goreng adonan cireng dengan minyak panas menggunakan api kecil saja, jangan lupa bolak-balik supaya matang merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.
4. Siapkan piring saji dan cireng siap untuk disuguhkan.

Untuk anda yang kepincut mencobanya sendiri dirumah, saya akan membagikan video tutorial cara menciptakan cireng empuk tidak alot dan kenyalnya pas. Berikut link nya https://youtu.be/jqpv54FsL8w silahkan dilihat ya videonya, dan selamat menjajal .

3. Rеѕер Cіrеng Sаntаn Tаnра Iѕі

Beriktunya yaitu kombinasi penggunaan santan pada adonan cireng semoga menjadi lebih gurih, untuk melengkapi kreasi cireng sebagai hidangan cemilan di rumah, berikut saya bagikan resep dan cara membuatnya, simak ya.

Bahan dan bumbu :
¼ kg tepung aci / kanji / tapioka
1 sendok makan tepung terigu
2 batang daun bawang ( iris tipis )
2 batang daun seledri ( iris tipis )
4 siung bawang putih ( haluskan )
200 ml santan
Garam, merica dan penyedap rasa secukupnya
minyak goreng

Cara membuat cireng santan :
1. Pertama – tama campur tepung aci dengan terigu dalam suatu wadah, beri merica, garam dan penyedap rasa seperlunya serta irisan daun bawang dan daun seledri kemudian aduk – aduk sampai rata.
2. Selanjutnya tumis bawang putih halus sampai tercium busuk harum, kemudian masukkan santan lalu aduk dan masak hingga mendidih. Setelah itu angkat dan eksklusif tuang ke dalam adonan tepung sambil diaduk rata, kemudian uleni adonan dengan tangan sampai kalis.
3. Bentuk adonan sesuai selera atau dibuat lingkaran dan dipipihkan, berikutnya goreng adonan dengan minyak panas memakai api kecil saja, goreng sampai warnanya kecoklatan dan matang merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.
4. Siapkan piring saji dan cireng santan siap untuk dihidangkan.

4. Rеѕер Cіrеng Iѕі Aуаm Pеdаѕ

Selanjutnya ini ada menu cireng dengan isian ayam pedas. Rasa cireng yang enak ditambah isin ayam yang sangat menggugah selera, pasti akan sangat disenangi keluarga ya. Penasaran kan bagaimana cara bikinnya, yaudah pribadi saja saya bagikan resep dan cara pembuatannya khusus buat anda.

Bahan – bahannya ada bahan kulit dan bahan isian, simak berikut ini.
Untuk bahan kulit :
500 gram tepung kanji
5 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan garam
1 sendok teh gula
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1 batang daun bawang ( iris tipis )
400 ml air
Bahan isian :
1/4 dada ayam fillet ( rebus kemudian potong kecil-kecil )
1 ons cabai rawit
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica
Garam seperlunya
Kaldu bubuk secukupnya
1/2 sendok teh gula
Minyak goreng secukupnya

Cara menjadikannya yakni :
1. Pertama masak air, kemudian masukkan bawang putih. Sambil menunggu airnya mendidih, campurkan  tepung kanji, terigu, gula, garam, kaldu dan daun bawang.
2. Setelah diaduk, siram dengan air mendidih sambil diaduk - aduk perlahan. Uleni adonan hingga kalis dan hingga tidak menempel di tangan dan adonan  mudah untuk dibuat.
3. Haluskan semua bumbu untuk ayam, kemudian tumis. Setelah harum, masukkan ayam dan bumbu pelengkap. Lalu aduk – aduk sampai rata dan kemudian angkat.
4. Masukkan ayam ke dalam adonan tepung kanji ( adonan cireng ). Bisa dibuat sesuai selera atau bentuk bulatan – bulatan kecil saja. Kemudian goreng adonan dalam minyak panas memakai api kecil saja. Jangan lupa bolak – balik semoga matangnya merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.
5. Siapkan piring saji dan cireng isi ayam pedas siap untuk dihidangkan.

Untuk membuat lebih mudah jikan anda ingin mencobanya sendiri dirumah, berikut saya bagikan link video yang mampu anda ikuti caranya https://youtu.be/z8k64ETfIdA , semoga berguna ya, dan selamat mencobanaya dirumah.

5. Rеѕер Cіrеng Gіmbаl Krеnуеѕ

Kali ini ada cireng gimbal krenyes. Ya cireng memang mampu dikreasikan dalam banyak sekali varian, seperti halnya cireng gimbal berikut ini. Baiklah eksklusif saja simak resep dan cara pembuatannya ya.

Bahan untuk mmebuat cireng gimbal :
7 Sendok makan tepung kanji
2 Sendok makan tepung terigu
1 batang daun bwang atau sledri
Garam dan penyedap rasa seperlunya
Merica seperlunya
air seperlunya ( didihkan dahulu ya airnya )

Cara membuatnya selaku berikut :
1. Masukan tepung kanji dan tepung terigu kedalam baskom, kemudian aduk rata, beri garam dan merica seperlunya,tambahkan juga daun bawang, lalu aduk lagi sampai tercampur semuanya.
2. Setelah itu tambahkan air mendidih ( airnya mesti benar - benar mendidih ya, alasannya adalah kalau tidah benar – benar mendidih, adonannya tidak akan gimbal ). Airnya di tuang bertahap saja asal adonan jangan terlalu lembek dan sudah bisa di bentuk. Jika terasa panas, aduk menggunakan sodet terlebih dahulu, jika dirasa sudah agak dingin gres aduk menggunakan tangan. mengaduknya jangan terlalu di tekan, cukup di remas – remas saja, uleni garang , dan jangan sampe lembut.
3. Kemudian siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng Lalu aambil sedikit adonan, dan bentuk pipih, kemudian goreng dalam minyak menggunakan api kecil saja. Jangan lupa bolak – balik agar tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan.
4. Siapkan piring saji dan cireng gimbal siap untuk disuguhkan.

6. Rеѕер Cіrеng Sаlju Crіѕру

Selanjutnya ini saya akan membuatkan ihwal resep masakan buat anda semua. Supaya anda lebih arif memasak dan kian dicinta suami pastinya. Kali ini saya akan membagikan resep serta cara membuat cireng salju crispy. Berikut ini materi-bahan dan cara membuatnya.

Bahan dan bumbunya selaku berikut :
150 gram tepung aci ( atau tepung tapioka )
1/2 sendok teh merica
2 butir bawang putih ( dihaluskan )
1/2 sendok teh penyedap rasa
2 batang daun bawang ( iris )
Garam secukupnya
Siapkan juga sedikit tepung aci untuk taburan Biang
50 gram tepung aci
100 ml air dan 50 ml santan kara

Cara membuat :
1. Pertama – tama campurkan tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk, aduk hingga rata kemudian sisihkan dahulu.
2. Kemudian campurkan bahan biang kemudian didihkan, aduk terus hingga adonan mengental mirip lem, kemudian matikan apinya.
3. Campurkan adonan tepung pertama ke dalam biang. Masukkan bertahap sambil diaduk dengan tangan tetapi jangan hingga kalis ya, cukup aduk dengan cara dicubit-cubit saja biar adonannya merata.
4. Bentuk adonan menjadi bundar-bulat pipih tetapi jangan terlalu tipis, tambahkan tepung aci di telapak tangan agar adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya.
5. Setelah semua adonan sudah dibentuk, goreng dalam minyak panas hingga matang menggunakan api sedang saja semoga tidak menggelembung. Setelah itu angkat dan tiriskan.
6.     Siapkan piring saji dan cireng salju crispy siap untuk dihidangkan.

7. Rеѕер Cіrеng Bаnjіr

Berikutnya ada resep cireng banjir, kali ini beda tidak menggunakan sambel cocol, tetapi dengan siraman kuah. Yang satu ini cocok sekali dimakan dikala malam atau saat cuek – cuek gitu, pasti maknyus rasanya. Simak  ya resep dan cara buatnya berikut.

Bahan cireng banjir yakni sebagai berikut :
Bahan cireng:
50 ml
100 gram tepung aci
Penyedap rasa seperlunya
Bahan kuah :
1 bungkus boncabe level 15 ( atau sesuai selera )
1 gelas air
Penyedap rasa secukupnya
1 siung Bawang putih
3 sendok makan Minyak goreng

Cara membuat cireng banjir :
1. Pertama kita buat dulu adonan untuk cirengnya, caranya panaskan air dalam panci, masukkan tepung Aci yang sudah di bumbui, lalu aduk sampai menjadi lem.
2. Bentuk adonan cireng menggunakan sendok. Jangan lupa diberi tepung aci kering semoga tidak lengket. Kemudian goreng sampai matang ( gunakan api kecil ), sesudah itu angkat dan sisihkan dahulu.
3. Selanjutnya kita buat kuahnya. Caranya panaskan wajan, tumis bawang putih yang sudah di geprek hingga tercium aroma harum.
4. Masukan air, boncabe, garam, dan pecin, aduk – aduk sampai tercampur rata.
5. Siapkan piring saji, letakkan cireng pada piring kemudian siram memakai kuahnya, dsan cireng banjir siap untuk disuguhkan.

8. Rеѕер Cіrеng Nаѕі Sіѕа Rеnуаh

Dari sisi adonan dasar dan bumbu cireng ( aci digoreng ) ini ialah sama menggunakan tepung kanji hanya saja yang unik dari cireng ini yakni penambahan nasi sisa kemarin kedalam adonannya. Ini salah satu kiat untuk mempergunakan nasi sisa kemarin atau sisa semalam. Penasaran bagaimana cara buatnya dan apa saja bahannya, simak resepnya berikut ya.

Bahan yang digunakan ialah :
200 gram nasi sisa
200 gram tepung kanji
2 sendok makan tepung terigu
100 ml air hangat
2 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 batang daun bawang
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu bubuk
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat cireng nasi sisa :
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan garam.
2. Kemudian iris tipis daun bawang.
3. Selanjutnya campur nasi, tepung kanji, dan tepung terigu, lalu aduk hingga rata.
4. Tambahkan air hangat sedikit sedikit. Uleni hingga tercampur rata.
5. Pipihkan adonan dasar cireng, goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

9. Rеѕер Cіrеng Kukuѕ

Untuk hidangan  yang terakhir ini ada cireng kukus. Penasaran bagaimana cara bikinnya? Yuk langsung saja intip bahan – materi dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan cireng kukus yakni selaku berikut  :
¼ kg tepung terigu
¼ kg tepung kanji
7 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 buah kemiri
Penyedap rasa seperlunya
Merica bubuk seperlunya
Minyak goreng
Plastik ( dipakai untuk membungkus )
1 butir telur

Berikut ini cara membuatnya :
1. Pertama – tama campurkan tepung terigu, tepung kanji, merica bubuk, dan penyedap rasa, lalu aduk hingga rata.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri, setelah itu tambahkan kedalam tepung untuk membubui tepung.
3. Selanjutnya tambahkan air, lalu aduk hingga semuanya  sungguh-sungguh rata. Kekentalan adonannya sedang saja ya agar tidak keras, dan juga  jangan terlalu lumer sebab balasannya akan lembek.
4. Siapkan air mendidih sambil menanti adonan dibungkus.
5. Kemudian bungkus adonan memakai plastik kecil ( jangan terlalu besar plastiknya semoga adonannya mampu matang merata saat dikukus ).
6. Setelah semua adonannya terbungkus,  selanjutnya rebus kedalam air mendidih kurang lebih 35 menit.
7. Jika sudah matang, kemudian angkat dan dinginkan ( cireng kukus ini teksturnya condong lembek ketika masih panas, tetapi akan mengeras sendiri dikala sudah cuek ).
8. Setelah adonan sudah  hambar, selanjutnya potong dan goreng bareng telur kocok. Jangna lupa bolak balik agar matangnya merata. Kemudian angkat dan tiriskan.
9. Siapkan  piring saji dan cireng siap untuk disuguhkan.


Tірѕ Agаr Cіrеng Andа Rеnуаh Dаn Kеnуаl Antі Alоt

Bagaimana resep – resep dari saya diatas? Mudah sekali kan untuk dicobanya sendiri dirumah. Membuat cemilan sendiri dirumah akan terasa sungguh menyenangkan dengan resep - resep tadi, sebab memang sungguh simple. Nah untuk berikutnya saya akan membagikan trik – trik khusus yang bisa menciptakan cireng ini garing diluar dan kenyal sewaktu digigit. Hmmm yummmi kan. Penasaran? Yuk langsung aja simak caranya berikut ini.

1. Gunakan air hangat biar  materi biang tercampur dengan baik dan cepat jadi lem. Ketika dipanaskan, tentukan juga anda memakai kompor dengan api kecil, ya.
2. Aduk adonan biang dan bahan kering mirip menguleni adonan roti, dan mengaduknya cukup  sampai kalis saja ya, alasannya jikalau terlalu usang mampu membuat adonannya jadi keras.
3. Saat membentuk adonan, taburi dahulu  tangan anda dengan tepung aci dan usapkan kedua tangan. Dengan begitu, adonan cireng juga tidak akan lengket di tangan dan akan lebih mudah dibentuk. Jika ingin lebih renyah, adonan yang sudah dipipihkan  mampu ditaburkan sedikit tepung aci lagi.
4. Tuang banyak minyak dalam penggorengan alasannya adalah cireng semestinya digoreng deep-fry, goreng cireng dengan api sedang. Cireng dengan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam tidak perlu digoreng usang. Saat kulit luarnya mulai terlihat kering, secepatnya angkat dari minyak dan tiriskan.

Praktis, kan cara bikinnya? Cireng ini sangat sesuai dikonsumsi selagi masih hangat. Agar rasanya makin lengkap, cireng renyah tersebut bisa dicocol dengan aneka macam saus sambal lho. Selamat menjajal dan semoga kiat – kiat dari saya bermanfaat buat anda.

Posting Komentar untuk "9 Cara Simple Serta Tips And Trik Diam-Diam Menciptakan Cireng Ala Kakak – Abang Gorengan"