Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Atur Hidangan Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

BINGUNG ATUR MENU BUKA? YUK INTIP ANEKA MACAM MENU BUKA PUASA YANG SEDERHANA DAN PRAKTIS


Puаѕа ѕеlаmа ѕеhаrі реnuh ѕаrаt mulаі dаrі wаktu ѕubuh hіnggа mаѕuk wаktu mаghrіb, mеnаhаn dіrі dаrі ѕеgаlа hаl-hаl buruk ѕеrtа mаkаn dаn mіnum раѕtі mеnjаdі ѕеbuаh uѕаhа tеrѕеndіrі. Tаk hеrаn bіlа bаnуаk уаng ѕіbuk mеnуіарkаn ѕеgаlа ѕеѕuаtunуа, tеrgоlоng untuk mеnуаmbut wаktu bеrbukа.

Dіаrtіkеl kаlі іnі ѕауа аkаn mеmbаgіkаn Pаnduаn Mеnu Bеrbukа Puаѕа, Mеnu Bukа Puаѕа Yаng Sеdеrhаnа dаn Murаh dаn Mеnu Sеhаt Bеrbukа Puаѕа. Kарrіkоrnuѕ jаngаn ѕаmраі kеlеwаtаn уа. 

Pаnduаn Mеnu Bukа Puаѕа Yаng Sеdеrhаnа Dаn Prаktіѕ

Pada bulan suci Ramadhan buka puasa senantiasa di jadikan momen – momen yang paling ditunggu – tunggu setiap harinya. Karena pada ketika buka puasa setiap keluarga akan menyajikan beragam menu berbuka dengan banyak sekali macam varian kuliner dan minuman yang sungguh Istimewa dan sengaja di buat cuma untuk berbuka puasa.

Dibalik keistimewaan cita rasa menu berbuka puasa ada seorang ibu rumah tangga yang repot menyiapkan semua sajian hidangan buka puasa yang spesial bagi keluarganya. Beberapa jam sebelum waktu berbuka para ibu rumah tangga di pusingkan mencari hidangan apa yang akan diolah untuk keluarganya, dan tentunya cocok dan enak untuk di sajikan pada waktu adzan Maghrib tiba.

Untuk menyambut waktu berbuka puasa, sudah niscaya para ibu rumah tangga harus lebih teliti mengenai asupan – asupan baik dan kaya nutrisi yang diperlukan untuk menggantikan nutrisi  tubuh selama menjalani puasa di siang hari. Hidangan menu untuk berbuka puasa yang bagus sudah pasti yakni makanan yang sehat dan bergizi.

Tentu saja para ibu rumah tangga mempunyai persepsi tersendiri dalam menentukan menu buka puasa yaitu  tentu saja, hidangan buka puasa yang sederhana dan mudah. Dengan sisa tenaga yang dimilikinya untuk mengolah materi kuliner  menjadi sajian hidangan yang istimewa dikala berbuka puasa.

1. Bеrbukа Dеngаn Buаh Kurmа

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

Buah kurma yang disarankan ketika berbuka yakni yang lembek dan manis dengan kandungan karbohidrat yang berfungsi mengembalikan energi dalam tubuh.

2. Awаlі Bеrbukа Dеngаn Mіnum Aіr Putіh

Ada baiknya secepatnya minum segelas air putih hangat atau biasa untuk menyegarkan tenggorokan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dikala berpuasa.

3. Mіnum Mіnumаn Yаng Mаnіѕ

Setelah berbuka dengan segelas air putih, barulah anda mampu mengonsomsi  minuman yang mengandung gula atau santan mirip es buah, yang pastinya sungguh menyegarkan. Fungsi dari minuman manis ialah meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang dapat menyetabilkan energimu. Tapi ingat ya! Jangan kebanyakan minuman manis ya!

4. Mаkаn Mаkаnаn Tіnggі Prоtеіn

Pastikan kamu tidak pribadi mengonsumsi kuliner berat saat membatalkan puasa agar perutmu tidak kaget menerima lauk-pauk berat sehabis sehari penuh kosong.
Konsumsi makanan mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, tahu, tempe dan telur. Selain mengandung protein yang tinggi makanan – kuliner tersebut juga kaya gizi.

5. Sаlаd

Makanan sehat lain yang dapat Anda coba ialah salad. Meski terlihat ringan, tetapi mengonsumsi salad sayur juga cukup membuat kenyang kok. Terlebih lagi, kalau Anda menambah telur di atasnya. Perpaduan sayur dan protein ini sungguh sempurna untuk mempertahankan kesehatan tubuh pada dikala bulan mulia.

6. Buаh – Buаhаn

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan selepas mengonsumsi makanan berat untuk mengisi keperluan serat dan vitamin dalam tubuh. Buah-buahan akan membantu tubuhmu memproses makanan dengan baik dan melancarkan pencernaan.

Mеnu Bukа Puаѕа Sеdеrhаnа, Murаh Dаn Prаktіѕ Fаvоrіt Sеmuа Kаlаngаn 

Berbagai jenis makanan kita tulis untuk dipersiapkan selaku menu buka puasa. Makanan-makanan tersebut merupakan belahan dari menu favorit kita atau yang sedang dibayangkan pada siang hari.

Bisa berbelanja secara instan, bisa pula menjadikannya sendiri. Tetapi, dari sekian banyak sajian favorit selama bulan puasa, ada lima menu buka puasa yang paling sering dicari di saat azan Magrib berkumandang.

1. Gоrеngаn

Selain simple, rasa gorengan yang enak membuat banyak orang ketagihan. Sebagian orang merasa bahwa makan gorengan saja sudah cukup untuk menetralisir rasa lapar, dibandingkan eksklusif mengonsumsi makanan berat. Anda mampu mengonsumsi pisang goreng, ubi goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng maupun bakwan untuk mengganjal perut.

2. Tеh mаnіѕ hаngаt

Gorengan dan teh manis hangat menjadi pasangan ideal saat berbuka puasa. Mereka dapat mengambil alih energi yang hilang saatsetelah sepanjang hari beraktivitas dalam kondisi puasa

3. Kurmа, tіgа buаh сukuр

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang dikala berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

4. Kоlаk 

Mungkin ini yaitu hidangan buka puasa favorit  keluarga di indonesia. Selain segar, kolak juga mengenyangkan dan sehat alasannya didalamnya terdapat buah – buahan yang mengandung karbohidrat dan nutrisi – nutrisi lain yang dapat menetralisir rasa lapar serta mengisi energi saat itu juga.

5. Ikаn Lеlе Gоrеng dаn Sаmbаl Tоmаt

Ikan lele greng atau yang umum dikenal dengan pecel lele. Isi dari sajian yang satu ini adalah ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. menu yang satu ini sungguh mudah ditemui dipinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Tapi kalau memang ingin menjadikannya sandiri dirumah, materi – bahan dan cara pembuatannya pun sederhana.

6. Nаѕі Gоrеng Tеlur

Nasi goreng telur adalah hidangan kuliner yang sungguh sederhana. Bahan-materi yang diperlukan untuk menciptakan nasi goreng cuma nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berbentukpotongan ayam atau baso sapi.

Akan tetapi saya tidak menyarankan anda untuk menyantapnya ketika sahur alasannya adalah akan menciptakan anda cepat haus.

7. Pесеl

Rasa dan performa pecel memang sedikit menyerupai dengan karedok khas jawa barat. Pecel ini merupakan sajian berbuka yang simpel dan mudah. Yakni anda cuma perlu berbelanja sayuran mirip kangkung, tauge dan kacang panjang. Kemudian anda mampu beli bumbu pecel jadi atau menjadikannya sendiri.

Untuk membuat pecel yang lezat  sekaligus dengan bumbunya anda cuma perlu merogoh kocek 10 ribu saja.selain murah, pecel juga merupakan menu berbuka yang kaya vitamin karena didominasai oleh sayur – sayuran.

8. Tаhu-Tеmре Gоrеng dаn Sаmbаl Kесар

Anda niscaya baiklah bahwa kuliner yang satu ini masuk ke dalam jajaran hidangan buka puasa mudah dan murah. Ya, tahu dan tempe goreng yaitu kuliner khas Indonesia yang harganya sungguh murah.

Mengolah tahu-tempe goreng sangatlah gampang. Tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas hingga warnanya kekuningan. Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

9. Tumіѕ Sауurаn

Menu sehat yang satu ini sangat sesuai untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda bisa menggunakan sayuran favorit Anda, mirip kangkung, tauge, sawi, bayam, dan brokoli. Bumbu untuk menumis sayuran ini hanyalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan materi perhiasan, mirip udang atau telur puyuh, ke dalam tumis sayuran ini. Tumis sayur tanpa lauk ini hanya membutuhkan dana sekitar 5-7 ribu rupiah, tergantung pada banyaknya sayuran yang Anda masak.

10. Tеlur Pеnуеt dаn Sаmbаl Tеrаѕі

Telur penyet ini mampu berbentuktelur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, Anda hanya perlu membuat sambal terasinya selaku pendamping. Untuk menciptakan menu makanan ini, Anda cuma perlu menawarkan uang 7 ribu rupiah saja.

Telur penyet dan sambal terasi ini sangat lezat disantap dengan sepiring nasi putih hangat terlebih ditambah dengan kerupuk. Maka menu yang satu ini menjadi lebih lezat.

11. Suр Kасаng Mеrаh

Mencari sajian buka puasa simpel dan murah yang juga bergizi? Anda mampu membuat sup kacang merah. Bahan-materi yang dibutuhkan untuk mengolah masakan sup kacang merah yakni kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

Nah, langkah berikutnya ialah Anda mesti merebus 1 liter air ini bersama kaldu instant hingga air berkurang menjadi tinggal 750 ml saja. Sembari menanti, Anda mampu menumis bawang dengan sedikit minyak goreng hingga harum. kemudian, masukkan bawang dengan kacang merah dan wortel ke dalam air kaldu tersebut. Jika Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa menambahkan sedikit daging sapi ke dalam sup kacang merah ini.

12. Sауur Bеnіng

Salah satu menu yang praktis dan murah untuk hidangan buka puasa maupun sahur ialah sayur bening. Bahan-materi untuk membuat sayur bening yaitu bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Sejatinya, sayur bening ini lebih lezat jikalau disantap dengan bakwan jagung. Sayangnya, resep untuk menciptakan bakwan jagung sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang usang. Akan namun, sayur bening ini mampu dikonsumsi bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng selaku lauknya.

13. Sоtо

Makanan berkuah yang utama mampu anda coba adalah soto. Kuah soto yang gurih dan enak akan kian nikmat dikala dipadukan dengan bahan isian dan pendamping lainnya. Anda  bisa menentukan soto ayam, kambing, atau tebang sesuai selera.

14. Sауur аѕеm

Suka menu yang segar dari asam? Sayur asem ini cocok buat anda. Citarasanya sangat unik dan sungguh beragam. Perpaduan dari asin, asam, pedas, dan sedikit manis. Campuran sayur di dalamnya pun bisa disesuaikan selera. Seperti jagung, kacang panjang, nangka muda, labu siam, hingga melinjo. Sehat sekali, kan.

15. Sауur lоdеh

Komposisi bahan sayur lodeh ini nyaris mirip dengan sayur asem. Yang membedakan yaitu beberapa bahan utama wajib serta racikan untuk kuahnya. Sayur lodeh memakai santan sehingga rasanya sungguh gurih dan lezat disantap bareng sepiring nasi hangat.

16. Sауur ѕор

Bisa dikatakan, sayur sop ini yakni paket komplit untuk makan malam. Selain aneka macam sayuran, sayur sop juga dilengkapi dengan sumber protein seperti daging/ayam, seafood, bakso, atau sosis. Sayur sop paling yummy dan menyegarkan ketika disantap hangat dengan sepiring nasi dan sambal favorit anda.

17. Bаkѕо

Kalau yang satu ini sih saya jamin jadi favorit hampir siapa pun. Apalagi dijadikan hidangan makan ketika berbuka puasa. Wah, dijamin akan sungguh memanjakan lidah. Seperti sop, bakso juga cukup lengkat kandungan gizinya. Mulai dari karbohidrat dari mie/bihun, protein dari bakso, hingga serat sayuran dari caisim, tauge, dan daun bawang. Mantap!


Mеnu Sеhаt Bukа Puаѕа Yаng Mеngеnуаngkаn dаn Dараt Mеngеmbаlіkаn Enеrgіmu Yаng Hіlаng 

Meskipun telah menahan lapar dan haus seharian, tak jarang berat badan kita justru membengkak selama bulan ramadhan, iya kan?. Penyebabnya, mungkin terkadang kita memakan kuliner berlebihan dikala sahur dan berbuka. Padahal, kuliner yang enak belum tentu sehat dan bisa mengembalikan energi, malah justru bisa aja mengundang penyakit.

Ada beberapa makanan sehat yang saya rekomendasikan untuk jadi menu buka puasa. Selain sehat, makanan – maknan ini mampu mengembalikan energimu yang nyaris hilang karena seharian berpuasa.
Bagi sebagian besar penduduk Indonesia, sajian buka puasa identik dengan aneka takjil manis dan sajian mengenyangkan seperti kolak, gorengan, hingga nasi lengkap dengan aneka lauk-pauk. Aneka sajian kuliner tersebut dipercaya dapat mengembalikan energi setelah sehari penuh menahan lapar dan haus.

Meski begitu, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai menghemat konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut karena kandungan gula, lemak jenuh dan garamnya yang terbilang cukup tinggi. Seperti yang sudah dimengerti, kandungan tersebut mampu berefek kurang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan dan terus - menerus, bahkan diandalkan menjadi salah satu penyebab meningkatnya bobot tubuh selama Ramadhan.

Namun tak perlu cemas, saya akan rekomendasikan sajian alternatif menyehatkan untuk Ramadhan yang tak kalah lezat. Selain yummy, menu ini juga cocok disajikan selaku hidangan buka puasa membuat kenyang bagi kamu yang sedang berdiet.

1. Oаtmеаl dеngаn іrіѕаn buаh

Oatmeal dengan irisan buah mampu dijadikan salah satu sajian berbuka puasa yang sehat. Kandungan protein dan seratnya cukup untuk menyanggupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda.
Dalam 100 gram oatmeal, kau mampu mendapatkan 38 kalori, 10 gram serat dan mineral yang diperlukan tubuh. Untuk menciptakan oatmeal yang enak, kau mampu menyertakan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang selaku asupan kalori.

2. Smооthіеѕ

Terbiasa minum kolak selaku kudapan ketika berbuka? Anda bisa coba cara yang satu ini, menggantikan kolak dengan smoothies. Selain lebih sehat smoothies juga tak kalah enak dan membuat kenyang. Kamu bisa menciptakan smoothies dengan irisan buah dan sayur kesukaanmu yang dipadukan dengan yoghurt segar, cara ini dapat mengembalikan energimu saat itu juga.

Bahkan, minuman segar ini mampu membantu mempertahankan kesehatan selama berpuasa. Pasalnya, terdapat vitamin c didalam buah yang bisa menolong badan anda tetap fit.

3. Sаlаd ѕауur dаn buаh

Selain mengolahnya menjadi smoothies anda juga bisa mengolahnya menjadi salad. Walaupun kuliner ini terlihat ringan, tetapi sebetulnya kuliner yang satu ini membuat kenyang, kok. Hebatnya lagi , saat makan salad buah dan sayur sebanyak apapun perutmu tidak akan merasakan begah. Makanan sehat ini pun mampu mengembalikan tenaga yang hilang sebab berpuasa.

Tidak hanya baik untuk dijadikan hidangan berbuka salad juga elok dikonsumsi ketika sahur. Karena kandungan vitamin dan protein didalam salad dapat menciptakan tubuh lebih sehat dan berenergi mesi ketika berpuasa.

Agar salad anda terasa lebih lezat anda dapat menyertakan aneka saus mirip yoghurt, perasan air lemon atau honey citrus dressing sauce yang asam manis. Selain itu anda juga dapat menyertakan aneka biji- bijian yang kaya akan serat.

4. Nаѕі mеrаh 

Jika selama ini anda terbiasa mengonsumsi beras merah, mulai dari kini cobalah mengubahnya dengan beras merah. Walaupun harganya jauh lebih mahal dari beras putih tetapi beras merah mempunyai banyak kelebihan dibandingkan beras putih.

Nasi merang mengandung zat besi yang tinggi  sehingga dapt mengembalikan energi dalam tubuh dengan segera. Selain itu, beras  merah juga sangat berguna bagi para penderita anemia. Kandungan zat besi yang ada didalam beras merah mampu menolong pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa.

5. Eѕ kеlара

Minuman bungkus sangat tidak direkomendasikan saat berbuka puasa. Apalagi minuman yang kadar gulanya tinggi. Sebaiknya anda mengonsumsi air kelapa saat sahur dan berbuka puasa.

Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa mampu menggantikan energi tubuh yang nyaris hilang setelah sepanjang hari berpuasa. Selain itu, elektrolit juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika sedang beaktivitas.

Air kelapa juga gampang diserap tubuh, sehingga dapat menghidari anda dari dehidrasi. Tips dari saya, bila anda ingin memperbesar tenaga dan energi dalam waktu singkat , anda mampu menambahkan madu saat meminum air kelapa. Selamat mencoba ya!

6. Suр bауаm

Sudah banyak yang mengetahui kalau bayam merupakan gudangnya zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran ini bisa menolong meningkatkan oksigen di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam sayur ini mampu melindungi usus dan akses pencernaan dari radikal bebas. Anda mampu mengonsumsi sayur ini dengan nasi hangan dan sambal, mantap bukan?

7. Cарсау kuаh

Capcay dengan berbagai sayuran memang bisa dijadikan sajian andalan ketika berbuka. Vitamin dan mineral yang ada didalam capcay ampuh mengembalikan energi saat itu juga. Sehingga anda tidak perlu takut mengalami konstipasi alasannya sedang berpuasa.

8. Nаѕі jаgung dеngаn lаuk trаdіѕіоnаl еnаk

Nasi jagung yaitu salah satu hidangan tradisional yang mampu kau sajikan selaku suguhan berbuka yang sehat. nasi jagung terbuat dari jagung renta yang ditumbuk kemudian dikukus hingga matang, kandungan serat yang ada pada jagung dapat memperlancar tata cara pencernaan sehingga ibadah puasa anda mampu lebih optimal.

Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga mampu  menangkal dan mengurang i resiko anemia atau kelemahan darah. Agar lebih nikmat anda bisa memadukan nasi jagung ini dengan aneka lauk pauk mirip ayam goreng, tumisan dan sambal pedas.

9. Kеntаng tumbuk сrеаmу 

Kentang tumbuk atau mashed potato sangan cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa selain enak menu yang satu ini juga mampu dijadikan selaku pengganti nasi yang membuat kenyang.

Selain kaya akan kerbohidrat dan serat pangan, kentang juga mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Saya akan menerangkan secara singkat cara pembuatannya. Pertama haluskan kentang yang sudah dikukus bersama mentega, keju parut dan susu cair lalu aduk hingga teksturnya menjadi lengket. Kentang tumbuk creamy dan gurih akan lebih nikmat bila disuguhkan dengansteak atau irisan daging panggang.

10. Nаѕі gоrеng ԛuіnоа уаng tіnggі ѕеrаt

Sesuai dengan namanya, nasi goreng quinoa yang dibuat dari biji quinoa yang direbus kemudian ditumis bersama dengan bumbu nasi goreng seperti bawang dan cabe.

Selain unik, nasi goreng quinoa juga lebih menyehatkan alasannya kandungan serat, protein dan asam amino esensialnya yang dapat mengembangkan kualitas kesehatan dan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang baru.

Agar kandungan gizi pada nasi goreng quinoa lebih seimbang anda bisa mengombinasikannya dengan brokoli, sawi, wortel atau aneka daging yang tinggi protein.

11. Suр mаkаrоnі реmаnаѕ bаdаn

Sup makaroni yang hangat mampu menjadi alternatif hidangan buka puasa yang sehat dan ringan tetapi mengenyangkan. Selain itu, makaroni juga dapat mengembalikan energi serta menciptakan perut kenyang lebih lama sebab indeks glikemiknya yang rendah.

Indeks glikemik yang rendah mampu menciptakan proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat.semoga lebih sehat dan lezat anda bisa memadukan sup makaroni ini dengan sayuran, potongan daging ayam, ikan atau udang.

12. Bіhun gоrеng bеrраdu ѕауurаn уаng ѕеgаr

Bagi kamu pecinta kuliner indonesia, menu yang satu ini mampu jadi sajian andalan. Bihun goreng mampu dijadikan hidangan pengganti nasi yang cocok dihidangkan saat buka puasa. Selain tekstur kenyalnya yang dapt memajukan nafsu makan, bihun juga tergolong olahan kuliner yang memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengenyagkan perut lebih usang.

13. Pаѕtа dеngаn ѕаuѕ Aglіо е Olіо nаn gurіh

Pasta aglio e olio bisa dijadikan sajian buka puasa yang sesuai bagi kamu yang sedang meminimalkan konsumsi nasi atau saus berbahan susu. Selain teksturnya yang kenyal dengan perpaduan saus gurih, proses pembuatannya yang mudah juga akan membuat antisipasi buka puasa menjadi lebih cepat.

Cukup rebus pasta hingga al dente lalu siram dengan saus aglio e olio yang yang dibuat dari tumisan bawang putih, cabai kering dan parsley. Kamu juga dapat menambahkan tumisan udang atau daging ayam.

Jangan lupa untuk membagikan Aneka Resep Dan Tips Rempeyek Teri Yang Renyah Dan Gurih terhadap teman, kerabat serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan berikutnya.

Posting Komentar untuk "Bingung Atur Hidangan Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis"