Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Cara MembuatNasi Ayam Hainan, Yuk Cek 5 Resep Mudah Ini

BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI


Nasi hainan merupakan kuliner tionghoa yang sering sering dikaitkan dengan kuliner asal singapura atau malaysia, dan juga sering dijumpai di negara tetangga yakni thailand serta diwilayah hainan, china.

Daging ayam disediakan melalui cara tradisional hainan yakni dengan cara merebus seluruh ayam dalam kaldu tulang ayam. orang china biasanya tidak menggunakan air biasa dikala merebus daging, melainkan memakai kaldu rebusan tulang supaya memperkaya citarasa daging tersebut.

 Karena arus permoderenan singapura mengambil alih kaldu ayam dengan air, irisan bawang putih dan jahe. Kemudian kaldu juga di tambahkan dengan daun pandan lalu dipakai dalam penyajian nasi dan juga sup. Kebanyakan kuliner nasi ayam ini disuguhkan dengan irisan timun, karena kebanyakan orang china menyukai sajian yang mirip ini.

1. Rеѕер Nаѕі Aуаm Hаіnаn Kоmрlіt Dеngаn 3 Mасаm Sаuѕ

Originalnya nasi ayam hainan ini disuguhkan dengan 2 saus tapikali ini saya akan berkreasi dengan tambahan saus asli indonesia. Penasaran mirip apa bahan dan cara pembuatannya, simak resep di bawah ini ya!

Bahan yang di gunakan untuk merebus ayam :
1 ekor ayam negeri utuh yang besar dan gemuk taburi 2 sendok makan garam juga perasan jeruk nipis ( 1 buah )
½ buah bawang bombay ukuran sedang, potong menjadi 6 cuilan
3 lembar daun pandan, basuh bersih dan ikat menjadi simpul
4 siung bawang putih, memarkan
2 batang daun bawang, potong – potong sebesar 3 cm
3 cm jahe iris tipis
2 sendok teh garam
2 sendok teh kaldu bubuk instan ( optional )
1,5 sampai 2 liter air

Bahan olesan ayam panggang :
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok makan kecap bagus
1 sendok makan soy sauce

Bahan mengolah makanan nasi :
400 gram beras yang sudah dicuci higienis
1 sendok makan margarin
3 siung bawang putih cincang halus
2 cm jahe parut atau cincang halus
1 sendok makan minyak wijen
550 – 600 ml air kaldu bekas rebusan ayam
2 lembar daun pandan simpulkan

Bahan untuk saus jahe bawang :
3 batang daun bawang, potong garang
2 cm jahe parut
½ sendok teh garam
50 ml air matang
50 – 80 ml minyak goreng panas yang mendidih
Bahan saus cabe :
5 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih, memarkan
1 cm jahe
1 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan air jeruk nipis
50 ml air matang
Bahan saus soy sauce :
½ sendok makan margarin untuk menumis
2 siung bawang putih cincang halus
200 ml air kaldu
2 sendok makan soy sauce
1 sendok makan gula palem bubuk
2 sendok makan kecap elok
½ sendok teh garam
2 sendok teh maizena, larutkan denga 50 ml air
1 buah daun bawang, potong halus

Pelengkap atau garnish :
Minyak wijen untuk mengolesi ayam
Irisan daun bawng untuk garnish
Biji wijen putih untuk garnish

Tips :
Sebaiknya menggunakan ayam yang berskala besar supaya kulitnya tebal dan mengandung banyak minyak. Selain itu ayam besar juga memiliki daging yang tebal sehingga terlihat mempesona saat dipotong dan dihidangkan, serta juicy didalam.

Persiapan dan cara pembuatan ayam :
1. Siapkan ayam negri atau ayam potong ( aku sarankan ayam negri / kampung ). Gosok permukaan ayam menggunakan garam agresif biar kulit ayam tidak terlihat licin dan bersih. Pastikan tidak ada kulit ari ( berwarna kekuningan ) yang masih melekat.
2. Gosok juga cuilan dalam ayam dengan garam dapur, hilangkan lendir – lendir yang melekat di permukaan dan serpihan dalam ayam.
3. Cuci ayam hinggan benar – benar higienis termauk cuilan dalamnya. Setelah itu barulah lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis disemua sisi ayam serta penggalan dalamnya juga. Diamkan ayam selama kurang lebih 10 menit, kemudian basuh lagi hingga bersih.
4. Masukkan potongan bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan irisan jahe ke dalam rongga ayam ( pecahan dalam ayam ), masukkan hingga penuh sesak. Sisakan sebagian bumbu untuk direbus bareng air.
5. Siapkan panci dan masukkan air dan garam. Letakkan ayam ke dalam panci yang sudah terdiri dari air, masukkan juga sisa irisan bumbu untuk merebua ayam.
6. Rebus ayam diatas api kecil selama kurang lebih 45 menit sengan panci tertutup. Sesekali bolak – balikkan ayam supaya matang merata. Oh ya, jangan lupa cicipi kuah kaldunya untuk mengoreksi rasanya.
kalau air berkurang banyak dikala proses perebusan, maka anda mampu menambahkan sedikit air mendidih, perlu dikenang sisa kuah kaldu ini akan digunakan untuk mengolah masakan nasi dan ketika penghidangan ayam.
7. Setelah 45 menit matikan api, pastikan panci tetap tertutup dan diamkan ayam selama 30 menit. Setelah itu barulah keluarkan ayam dari panci, saya menyarankan untuk menggunakan alat penjepit untuk mengeluarkan ayam.
jangan buang air rebusan ayam, sebab kaldu ini akan dipakai untuk mengolah makanan nasi dan sebagai kuah perhiasan di saat penyajian Nasi Ayam Hainan.
8. Masukkan ayam kedalm ember atau mangkuk besar berisi air es selama kurang lebih 5 hingga 10 menit, sambil di bolak balik supaya ayam dingin merata.
Jangan merendam ayam terlalu usang sebab akan membuat rasa ayam menjadi hambar
Tujuan dari perendaman ini sendiri yakni semoga menghentikan proses memasak dengan segera dan membuat kulit ayam menjadi kencang sehingga teksturnya lebih keras dan lentur. Karena salah satu hal yang terpenring dikala pembuatan nasi ayam hainan ini ialah kualitas dan tekstur kulit ayam.

Ukuran ayam dan lama perebusan juga menghipnotis kekencangan kulit ayam, jika ukuran ayam anda kecil maka akan memerlukan waktu perebusan yang lebih cepat, kalau terlalu lama akan menciptakan kulit ayam menjadi lunak dan sobek.
Buang bumbu – bumbu yang ada di dalam perut ayam, seharusnya jangan digunakan lagi karena bumbu – bumbu yang digunakan menyerap kedaluwarsa bau dari ayam.

9. Belah membujur ayam menjadi dua potongan yang sama. Setelah itu keringakan permukaan ayam dengan tissue dapur atau kain bersih.
Anda bisa memanggang atau membiarkanya begitu saja. Karena biasanya di restoran nasi ayam hainan menawarkan 2 jenis ayam yaitu, yang versi panggang dan model rebus.

Untuk model yang rebus, olesi permukaan ayam yang sudah dikeringkan memakai minyak wijen secara merata pada semua kepingan ayam. minyak wijen ini akan menciptakan rasa ayam menjadi lebih gurih selain rasa ini akan mempengaruhi tampulan dari ayam tersebuat yakni ayam akan lebih menarik, lembab dan shiny. Setelah itu potong potong ayam menjadi beberapa pecahan sesuai selera dan taruh dipiring saji.

Untuk versi yang panggang, olesi permukaan ayam dengan adonan minyak wijen, kecap cantik dan kecap asin secara merata pada seluruh kepingan ayam. panggang ayam di oven pada suhu 200 derajat celcius atau hingga permukaan ayam terlihan mengering. Keluarkan ayam dari oven dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera, kemudian tata di piting saji.

Cara mengolah masakan nasi :
1. Seapkan wajan/ pan/ panci anti lengket. Beri satu sendok margarin dan panaskan hingga meleleh. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan beras yang telah dicuci bersih lalu  tumis hingga beras terlihat mengering dan terselimuti bumbu. Angkat.
2. Tuang beras ke panci rice cooker, masukkan sekitar 550 – 600 ml air kaldu sisa merebua ayam, tambahkan minyak wijen dan daun pandan, kemudian masak hingga matang. Aduk-aduk nasi yang sudah matang di rice cooker semoga tidak menggumpal. Sisihkan.

Cara membuat saus :

Membuat saus jahe bawang
Siapkan gelas blender dry mill. Masukkan daun bawang dan jahe, tambahkan garam dan air matang. Haluskan hingga lembut. Tuang saus ke mangkuk tahan panas, siram dengan minyak goreng panas yang mendidih. Aduk hingga rata, sisihkan.
Membuat saus cabai
Siapkan panci, masukkan cabe, bawang putih dan jahe kemudian tambahkan air hingga bumbu terendam, rebus hingga matang. Masukkan bahan saus ke gelas blender dry mill, tambahkan 50 ml air rebusan cabe, blender hingga halus. Tuangkan saus cabe ke mangkuk, tambahkan garam, gula pasir dan air jeruk nipis, aduk rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jikalau kurang asin.
Membuat saus soy sauce
Siapkan wajan, panaskan margarine. Tumis jahe dan bawang putih hingga harum. Masukkan semua bahan saus lainnya, aduk rata dan masak di atas api kecil hingga mendidih dan kental. Tambahkan daun bawang, aduk rata kemudian angkat. Jika saus terlalu kental tambahkan sedikit air kaldu rebusan ayam.
Catatan untuk semua saus : koreksi rasa sesuai selera masing – masing.

Saran Penyajian :
Siapkan piring saji, tuang sebagian saus soy sauce di dasar piring. Tata ayam Hainan yang sudah diiris-potong diatasnya. Taburi dengan daun bawang dan biji wijen putih (bila suka). Sajikan ayam dengan nasi Hainan dan 3 macam sausnya serta irisan timun. Super duper yummy!


2. Rеѕер Nаѕі Hаіnаn Sеdеrhаnа Dаn Prаktіѕ Mеnggunаkаn Rісе Cооkеr

Bahan-materi :
3-4 porsi
½ ekor ayam kampung ( potong jadi 4 kepingan )
2,5 cup beras ( cuci bersih )
Secukupnya air ( untuk masak nasi di rice cooker )
1 sendok makan kecap anggun
Garam, gula dan kaldu jamur seperlunya
Bumbu tumis :
3 buah bawang putih cincang halus
1 buah bawang merah iris halus
1 ruas jahe geprek ( atau secukupnya sesuai selera )
1 sendok teh margarin
2 sendok makan minyak wijen

Langkah :
1. Panaskan margarine dan minyak wijen. Masak bumbu tumisan sebentar saja hingga harum ( jangan hingga kering )
2. Takar air dan beras apalagi dahulu. Masukkan bumbu tumisan, dan bumbui beras seperlunya dengan garam, gula, kaldu jamur dan kecap elok, aduk rata dan koreksi rasa sesuai selera. Terakhir masukkan ayam kampung.
3. Tekan tombol “cooking” sehabis itu tunggu sampai matang atau sekitar 15 – 2- menit.
4. Setelah nasi matang angkat ayam dan jahe, untuk ayam sisihkan ke piring saji sedangkan jahenya bisa dibuang. Lalu langsung aduk nasi supaya nasi tidak berkerak di serpihan bawah.
Agar rasa dari ayam hainan lebih enak, tambahkan atau olesi ayam dengan seasoning yang terdiri dari minyak wijen, kecap asin atau garam yang sudah di campur kemudian aduk rata. Lalu kalau suka bisa tambahkan taburan bawang putih goreng.

Yeay! Nasi ayam hainan simple is ready to serve now!

3. Rеѕер Nаѕі Hаіnаn Alа Dарur Umаmі

Bahan – materi :
350 gr beras wangi
1 potong dada ayam tanpa tulang
1 sendok teh micin atau penyedap rasa ( sesuai selera )
2 sendok teh garam
12 buah bawang putih cincang halus
4 buah bawang merah cincang halus
1 batang sereh
2 lembar daun pandan, kemudian ikat
2 sendok makan air jahe
650 ml air
2 sendok makan minyak goreng

Bahan Pelengkap :
Kecap asin dengan irisan bawang putih dan irisan timun.

Cara Memasak :
1. Langkah 1
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, daun pandan, air jahe dan sereh hingga harum.
2. Langkah 2
Tambahkan beras, tumis sebentar.
3. Langkah 3
Masukkan air dan tambahkan micin atau penyedap rasa, masak hingga ¾ matang, angkat.
4. Langkah 4
Pindahkan dalam kukusan, masukkan ayam, kukus hingga matang (+/-30 menit).

Tips :
Nasi Hainan mempunyai keunikan tersendiri. Masakan yang berasal dari daerah Hainan, China, merupakan sebuah tradisi dan seni mengolah makanan oleh Suku Hainan.

Nasi Ayam Hainan yang khas memiliki aroma bawang putih dan jahe yang berpengaruh, dihidangkan dengan irisan Ayam Rebus tanpa tulang, dan embel-embel berbentukKecap Asin dengan irisan bawang putih serta irisan Timun.

4. Rеѕер Nаѕі Aуаm Hаіnаn Aѕlі Sіngароrе Sеdеrhаnа Dаn Prаktіѕ

Cara membuat nasi ayam hainan orisinil singapura ini sebenarnya sungguh gampang jadi anda bisa menjadikannya di rumah. Nah, sajian nasi hainan ini juga bisan ansa buat untuk keluarga anda dan ketika ada tamu yang datang.

Biasanya di singapore kuliner nasi ayam hainan ini sering dijual di rertaurant china atau tempat makan lainnya. Karena kenikmatann dan kelezatan nasi hainan berbagai orang yang menyukai sajian yang satu ini.

Untuk itu bagi anda yang penasaran ingin mencobanya, anda mampu membuatnya sendiri dirumah dengan tuntunan resep yang saya bagikan ini.

Bahan membuat resep nasi hainan praktis yang lezat :
3 sendok teh garam
4 siung bawang putih
1 liter kaldu ayam
4 ruas jahe , kerok dan basuh higienis kemudian memarkan
750 gram beras
4 sendok minyak wijen
5 sendok makan minyak goreng
Bahan untuk hidangan ayamnya :
1 ekor ayam
½ sendok teh gula pasir
Garam seperlunya
2 sendok makan minyak wijen
4 ruas jahe , kerok dan basuh higienis lalu memarkan
2 tangkai daun bawang, iris tipis
2 liter air
Bahan saus jahe untuk Resep nasi hainan sederhana :
30 gram jahe
200 cc kaldu ayam
2 sendok makan kecap ikan
Minyak goreng seperlunya

Cara menciptakan resep nasi hainan Singapore ala rumahan :
1. Siapkan semua materi dan bumbu yang di perlukan untuk menciptakan nasi ayam hainan.
2. Pertama – tama olah nasi terlebih dulu dengan cara yakni ; tumis jahe dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan aduk – aduk hingga beras tercampur dengan bumbu. Masukkan garam dan kaldu ayam, tunggu air kaldu meresap dan habis.
3. Setelah airnya habis angkat dan masak beras dengan panci penukus selama kurang lebih 30 menit.
4. Sambil menanti nasi matang, kita buat ayam hainannya. Siapkan ayam, campurkan bahan – materi yang dipakai untuk melumuri ayam seperti minyak wijen, garam dan jahe. Aduk rata semua bahan tadi kemudian lumuri ke ayam. tunggu sampai kurang lebih 45 menit.
5. Campurkan daun bawang, garam dan jahe untuk dimasukkankedalam rongga bagian dalam ayam, kemudian rebus ayam selama 20 menit. Masukkan garam dan gula seperlunya. Jangan lupa untuk dinikmati.
6. Setelah itu angkat ayam dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan sajikan di piring saji.
7. Untuk membuat kuahnya anda mampu menggunakan air bekas rebusan ayam dengan cara rebus kembali airnya lalu tambahkan merica dan labu siam. Masak hingga labu siam terasa empuk.
8. Menyajikan nasi hainam tidak akan lengkap kalau tanpa ada saus jahe, berikut ini cara membuat saus jahe :
Tumis jahe dahulu, lalu tambahkan kaldu secukupnya, kecap ikan, kemudian masak hingga airnya mengental. Setelah itu angkat.

Cara penyajian :
Penyajian, siapkan nasi di atas piring, kemudian ayam yang sudah ditata di piring yang lain dengan disiramkan kecap ikan, saus jahe di mangkuk kecil dan air kaldu dimangkuk kecil juga. Nasi hainan siap disantap.

Jangan lupa untuk membagikan Bingung Cara Bikin Nasi Ayam Hainan, Yuk Cek 5 Resep Praktis Ini kepada sobat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Bingung Cara MembuatNasi Ayam Hainan, Yuk Cek 5 Resep Mudah Ini"